Workshop & Creative Sharing with Diela Maharanie

November 25, 2018 by no comments Posted in Blog, Workshop

Diela Maharanie adalah salah satu ilustrator yang saya kagumi sejak saya duduk di bangku SMA. Dulu sih rajin kepoin di blogspot dan sesekali intip-intip devianArtnya, kalau sekarang ya instagram. Karyanya begitu khas dengan warna-warna vibrant.

Alhamdulillah kali ini saya berkesempatan ikut workshop bertajuk Branding in Art: Tote Bag Painting yang diselenggarakan oleh FEB UGM. Workshop tersebut diselenggarakan di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta. Acara ini dimulai pukul 08.30 WIB sampai sekitar pukul 11.00WIB.

Sharing Session

Sesi pertama adalah sesi sharing Diela sebagai seorang ilustrator profesional. Dimulai dari pameran-pameran yg pernah diikuti sampai brand-brand yang pernah bekerja sama dengannya,misalnya instagram. Instagram menggaet Diela dalam ilustrasi kind comment love warna warni di fitur instastory. Diela juga menunjukkan transformasi karyanya dari zaman doodle dengan drawing pen sampai sekarang memakai aplikasi digital procreate di ipad pro.

Diela Maharanie
Opening Workshop

Diela berbagi pengalamannya dalam menentukan harga. Nah itu tergantung juga siapa yang nge-hire kita. Banyak tanya sama temen-temen yang bergerak di bidang yang sama. Harga segini kemahalan gak ya? Kemurahan gak ya? Kemudian ketika deal sama klien, pastikan kita mengetahui, ilustrasi yang kita bikin apakah hanya akan dibuat satu produk/identitas saja (misal cover buku aja) atau ada produk turunan seperti kaos, totebag, pouch, pin, dll? Nah makanya tanya dulu nggak apa-apa sama klien, soalnya harganya beda. Biar nggak merasa dirugikan pas udah kelar projek, tanya sedetil mungkin sama klien.

Diela-Maharanie
Cerita Exhibition dan Brand

Lalu bagaimana Diela dilirik brand-brand besar? Ternyata proses dibalik Diela yang sekarang cukup menempa proses yang sangat panjang. Setelah resign dari pekerjaan di bidang akuntansi, ia kembali menekuni dunia menggambar. Dulu, Diela menggambar dua karya per sehari kemudian diunggah di platform-platform digital. Diela sudah menyusun portfolio dengan memanfaatkan deviantArt, blogspot, multiply jauh sebelum orang-orang sadar pentingnya hal ini. Ia juga aktif mengikuti pameran dalam dan luar negeri dengan cara mengirimkan karya saat open submission. Dari situ, orang mengetahui karya-karya Diela, begitu juga dengan brand. Sebuah brand punya standardisasi yang sesuai dengan visi misi projeknya, lalu mencari ilustrator yang karyanya sesuai dengan standardisasi tersebut.

Diela juga mengataan bahwa projek itu nggak harus kita nunggu projek lho. Bisa juga melakukan projek pribadi kemudian berkolaborasi dengan brand lokal menjadi sebuah barang atau yaudah dibikin sendiri aja. Darisitu bisa menjadi nilai tambah untuk portfolio kita, bahwa kita tidak hanya bisa menciptakan sebuah ilustrasi saja namun juga bisa membuatnya dalam bentuk barang.

Diela Maharanie
Drawn by Diela

Workshop Totebag

Setelah sesi sharing, dilanjut dengan gambar diatas totebag. Ini pengalaman pertamaku gambar di atas totebag menggunakan cat akrilik. Diela biasanya pakai contoh yang peserta gambar sesuai contoh. Tapi kali ini panitia pengennya gambar bebas aja. Tapi menurutku pribadi, kalau workshop enaknya bikin sesuai contoh trus step by step ngikutin narasumber. Soalnya pengen menyerap ilmunya,  baru nanti kalau udah ngerti caranya kita bikin sendiri. Tapi gak papa tetaplah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Gambar aku ya alakadarnya banget! haha!

Totebag-painting
Hasil Totebag aku

Selain art workshop, saya juga sempet menyimak talkshow creative entrepreneur dari narasumber lain seperti Keenan Pearce, Gofar Hilman, Kevin Kumala, dll sampai jam lima sore (iya pegel dan puyeng! Tapi berfaedah banget!!). Pada intinya nih ya “Nggak ada orang-orang luar biasa yang males-malesan, adanya adalah orang yang usahanya melebihi orang lain”. Bermimpi tapi masih ngeliat langit, ketika kita bisa meraih satu langit, kita berusaha menggapai langit selanjutnya. Sabar melalui satu proses demi proses 🙂

workshop

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*
Related Story