Review: KOI Watercolors Pocket Field Sketch Box

April 1, 2018 by 4 comments Posted in Blog, Review Product

Tools don’t define you” , hehe iya sih. Namun, tak dipungkiri bahwa pembahasan tentang alat sangat menarik bagi kita semua. Apalagi kalau habis kepo-kepo akun-akun instagram (yang racun itu), biasanya orang-orang mengikut sertakan alat yang digunakan dalam membuat karya. Nah kali ini saya mau nge-review produk yang udah banget banyak yang pakai, KOI Watercolor.

KOI Watercolor merupakan salah satu brand yang sangat familiar di kalangan kita yang sedang coba-coba menggunakan media cat air. Ukuran untuk 18-36 warna yakni 16×11,5x3cm, membuatnya sangat handy untuk dibawa kemana-mana.

KOI Watercolors Pocket Field Sketch Box merupakan cat air yang diproduksi oleh Sakura of America. Koi mengemas cat air dengan box bermaterial plastik berwarna putih,  tertempel stiker trasparan di bagian kanan bawah yang bertuiskan Koi Watercoor Pocket Field Sketch Box . Ketika box ini dibuka, kita akan mendapati kotak-kotak (baca – pan) berisi cat air warna-warni padat yang permanen, artinya tempat tidak bisa diambil satu-satu dan melekat dengan box putih. Koi juga menyertakan waterbrush yang bisa diisi air dan siap digunakan untuk melukis. Sedangkan di sisi kiri dan kanan ada spon untuk menyerap kelebihan air atau membersihkan kuas. Palet portabel dan reusable berbentuk kotak yang bisa disematkan pada ujung kotak (lihat gambar di bawah ini).

tampilan box depan (tanpa stiker kanan atas tentu saja
komponen pada KOI
di bawahnya ada pegangan macem gini, tapi saya gak pernah gunain

Harga KOI Watercolors Pocket Field Sketch Box 24 warna ini berkisar antara 200-300an ribu,tergantung dimana belinya. Belinya bisa ke toko offline macam Gramedia, toko-toko peralatan lukis, atau online juga bejibun.

Swatches 24 Warna KOI

Saya sendiri punya dua box, box pertama berisi 24 warna dan sudah membersamai saya selama dua tahun terakhir dan dan dan…. sampai saat ini masih aja catnya!!! Padahal saya pakai hampir tiap hari, jadi saya rasa tidak berlebihan bila kita simpulkan bila si koi ini awet banget! walaupun keadaannya sudah bolong-bolong macem sarang lebah 😛 . Bila penampakan si Koi ini udah jadi sarang lebah, teksturnya menurutku jadi lebih keras gitu sih jadinya, jadi menambahkan agak banyak air cukup membantu untuk mengencerkan catnya. Sedangkan box kedua masih utuh, masih enak buat dioles2, namun baru saya pakai warna peach untuk warna kulit saja. Selain awet, saya juga suka paletnya,hehe.. karena belum punya palet yang supergede, jadi palet koi ini masih yang superlove karena bentuknya yang kotak-kotak lumayan besar dan gampang banget dibersihin (unfortunately saya masih suka pakai tisu).

Sayangnya, koi ini tidak ada isi ulangnya… jadi kalau habis ya udah kosong gitu kotaknya jadinya. Di Box 24 warna saya, warna peach udah habis banget. Jadi saya ngakalinnya diisi pakai pentel tube, tetep bisa mengeras kok, namun butuh berhari-hari. Jadinya seperti dibawah ini, cuman ya tetep aja yaaa warnanya beda.

warna peach yang sudah diisi dengan pentel tube

Lalu, pernah saya mendambakan efek splash (air ditetesin entar dia nyebar dan kalau kering jadi kayak ada efeknya) gitu kan daridulu, etapi pakai koi ini gak pernah berhasil walaupun udah ditambahin garam (aduh ini EYD aku -_-). Ternyata setelah alhamdulillah punya cat lain dari brand Cotman, efek tersebut bisa dengan mudah terbentuh hanya dengan menambahkan setetes air di atas ulasan warna. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini (yang bakalan tetep kurang jelas sih. Wkwkwkwkw. Maapin).

Berikut ini adalah hasil bikin pohon latihan nyontek bukunya Everyday Watercolor dan jadinya seperti ini. Pure banget hanya pakai KOI.

Hasil latihan dengan KOI

Jadi, menurutku, KOI ini cocok banget dijadikan starter kit pagi pemula kayak aku, karena bentuknya yang cukup praktis dan gak bikin males. Haha. Terus warnanya juga oke, sedangkan harganya juga masih bisalah nabung-nabung lucu 5rb per hari gitu. Hehehe. Tapi tapi tapi, teteup sih, alat-alat hanyalah sebuah penunjang belaka, ga akan ada artinya kalau nggak digunakan buat latihan dan latihan. Kalau ada yang mau ditanya, atau sesama pengguna cat air ini mau nambahin boleh banget tulis di kolom komentar yaaaa, ga harus punya blog kok (sambil cek ini tulisan ada yang baca ga sih 😛 ) . Semangat Berkarya!

art supplyproductreviewwatercolor

4 comments

  1. Etik Widiyanti 11 months ago

    Kak mau minta info tentang buku everyday watercolornya dong, belinya dimana. Dan harganya kisaran berapa? Hehe makasih kak

  2. kartikaninggar 11 months ago

    Thanks reviewnya ?
    Aku slh satu fansmu mba! Hihi
    Dan baru bgt coba2 belajar pake KOI yg 12 warna.. nagih bgt dan cukup ramah buat newbie kayak aku ?
    cm gemes kalo jd kotor aja paletnya haha

    Ditunggu review “gadget” lainnya mba ❤️

    • Hesti Ratnafuri 11 months ago

      Whooaaa jadi maluk ? pp mu asik beeet gambarnya btw…makasihh banget yaaa udah mampir dan menyimak review alakadarnya ini.. hihihi iya makanya aku suka boros tisu buat bersihin palet. Okee siap gadget lain ditunggu ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*
Related Story