Kata-Kata Pertama

Februari 16, 2018 by 2 comments Posted in Blog

SAYA DAN ARKETIPE

Halo! Saya Hesti. Salam kenal!
Selamat datang di rumah saya. Iya rumah. Tempat segala macam yang saya sukai tertoreh di laman ini. Gambar-gambar dan tulisan yang semoga ada gunanya bagi yang membaca dan melihat.

Sejak dulu, kehidupan saya tidak bisa terlepas dari gunting, berbagai macam pensil dan bolpoin, marker warna-warni, stabilo dan notes lucu-lucu. Hal ini sudah menjadi bagian dari personaliti saya semenjak SD hingga kuliah, lebih-lebih sekarang :P. Peralatan tersebut selalu lengkap dan selalu pengen punya yang lucu. Saya juga selalu membeli notes untuk journal atau sekedar coret-coret. Membeli ya, belum membuat kalo zaman dulu mah.

Salah satu jurnal waktu skripsi

Aktivitas menggambar dan utak utik kerajinan tangan sudah saya lakukan sejak kecil tapi ya nggak pernah diseriusin. Ketika SD dulu, ada mata pelajaran anyaman, saking semangatnya saya mem-fotokopi buku panduan anyaman milik kakak kelas waktu itu, dan seneng bangeet ketika bisa menyelesaikan model anyaman tertentu. Lalu semasa SMP saya suka banget pas giliran bikin mading! Di mading ngurusin ilustrasi sama bikin tulisan judul-judul berbentuk huruf-huruf tipe sans serif yang gendut-gendut. Sejak SMP udah punya cita-cita yang spesifik yakni desainer grafis. Nah sampai pada waktu kuliah, saya ambil jurusan….. psikologi! Haha. IYA!! Hal ini terjadi karena sebuah konspirasi semesta dan sebuah anugerah, alhamdulillahnya bisa menyelesaikan tanggung jawab dengan baik meski nggak bisa-bisa juga “baca” orang >.<. Menurut saya, yang sudah terjadi adalah apa yang seharusnya terjadi. Tak perlu sesal karena tiap orang punya peta-nya masing-masing yang tak mungkin tertukar. Pun kita tetap bisa meraih cita-cita walaupun jalannya harus muter-muter dulu, harus kesana-kemari dulu, bukan satu jalan linier.

Nah saya malah banyak belajar dunia ilustrasi, layout dan desain dari Unit Kegiatan Mahasiswa di bidang jurnalistik, Lembaga Pers Mahasiswa Kentingan UNS di Solo. Disitu, saya banyak “mencuri” ilmu dari para senior dari berbagai jurusan. Darisitu pula ternyata… ciptaan karya saya ini… mendapat apresiasi. Dan mulailah teman-teman meminta saya menggambar atau kaligrafi sebagai sebuah hadiah untuk orang-orang spesial.

 

salah satu gambar buat web lpm kentingan zaman dulu

Sedangkan, arketipe adalah ….. satu nama yang agak sulit dibaca dan dieja. Haha! Saya tahu saya paham. Tapi saya tidak bisa menemukan kata lain yang saya rasa cocok dengan kepribadian saya dan karya-karya yang saya buat. Arketipe sendiri saya ambil dari sebuah istilah psikologi oleh Carl Gustav Jung, seorang ahli psikologi, yang memiliki arti simbol universal sebuah emosi. Dan saya merasa, gambar maupun produk yang saya bikin, adalah sebuah simbol berbagai emosi yang ingin disampaikan pada seseorang sehingga orang lain ikut merasakan emosi tersebut, karena emosi bersifat abstrak dan butuh media konkret sehingga orang lain bisa melihat dan bahkan merasakannya.

 

SAY HELLO TO WWW.ARKETIPE.ID!

Saya sangat bersemangat karena pada akhirnya saya punya rumah!! Iya rumah di dunia maya! Rumah buat saya nulis blog dan mendisplay karya-karya saya pada satu media. Yeaaay!! Sebenernya memiliki website sendiri adalah gagasan saya sejak 2016 lalu. Saya sudah mulai membuat draft di penghujung tahun 2016 kemudian saya share pada temen saya, Dimas (dimistudio.com). Eh langsung dibikin previewnya. Namun, pada saat itu karya-karya saya belum cukup banyak dan pemetaannya juga masih ngablu. Dan saat itu, urgensi memiliki web pun masih dipertanyakan. Namun, hal ini tetap merupakan salah cita-cita harus saya capai.

DAN SEKARANG……………………………

Arketipe.id bisa diakses!!!

perintilan gift box

Alhamdulillahirobbil’alamiiin terima kasih Allah Yang Maha Baik, yang nggak henti menuntun dan memberi surprise dalam kehidupanku proses demi proses. Terima kasih untuk Anwar yang udah ngebuati logo seperti yang aku pengen! *tanpamu logoku hanyalah autotrace mleyot-mleyot-yang selalu dibaca mas-mas ekpedisi dengan ejakan “ARKELIP” >,<. Terima kasih pula buat dimistudio yang menyediakan domain dan ngaturin template seperti yang aku pengen!

Terakhir ya buat aku, agar semangatnya gak cuma angin-anginan aja, tapi bisa belajar dan berbagi secara kontinyu 🙂

2 comments

  1. Anwar 1 year ago

    Yeaaay akhirnya jadi juga rumah dunia mayanya, semoga impian lekas tercapai dengan segala ide2 baru ???

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*
Related Story